Monday, July 15, 2013

Karawitan Perdana HUT SMP N 1 Jetis

Masih teringat jelas, dalam HUT SMP N 1 Jetis yang ke 31 kelas saya berusaha menampilkan sebuah pertunjukkan yang sangat jarang ditampilkan oleh kelas-kelas yang lain. Yap, kami sengaja menampilkan sebuah pertunjukkan seni Karawitan. Flash back, memang dalam rangka HUT SMP N 1 Jetis, selalu diadakan berbagai kegiatan yang dapat menghibur serta menyalurkan bakat para siswa SMP N 1 Jetis. Dalam ingatan saya, saat itu adalah tahun 2009, dimana kami sudah berevolusi dari kelas 7B menjadi kelas 9B. Masih teringat jelas, ketika itu ada seperangkat gamelan yang ada di kelas depan (dulu 7C) yang sama sekali belum pernah digunakan oleh siswa SMP. Entah bagaimana jalan ceritanya, kami anak-anak 9B tertarik untuk belajar memainkan gamelan terebut yang akhirnya dapat bimbingan dari Bapak Sudirman selaku Guru Kesenian dan Bahasa Jawa. Kami juga mendapat kesempatan untuk unjuk gigi (bukan pamer gigi-gusi ya) kepada seluruh warga SMP N 1 Jetis, yakni tepatnya pada HUT SMP N 1 Jetis yang ke-30.

Ketika itu, kami sering berlatih memainkan gamelan (anak-anak cowok, namun hanya beberapa saja). Pada saatnya pun, kami mendapatkan seorang pelatih yang saya lupa namanya (sayang sekali..,huh.., mungkin Dika atau Oby masih ingat mungkin, hehehe). Kedatangan Pak tersebut semakin menambah semangat kami untuk berlatih tiap pulang sekolah. Selain itu, ketika berlatih, anak-anak perempuan yang bersedia untuk membawakan tembang lagu juga ikut mendampingi kami (para cowok) saat berlatih. Wah, rasanya memang seperti ada supporternya, ada cewek-cewek yang selalu memperhatikan kami dalam memukul gamelan dengan gagah. Saat latihan kami mencoba untuk melantunkan beberapa tembang, namun sayang saya agak lupa apa sajakah tembang-tembang tersebut, hanya tembang Pariwisata yang saya ingat.

Pada saatnya, hari itu telah tiba, dimana hari perayaan HUT SMP N 1 Jetis tepatnya di halaman sekolah. Panggung sudah ditata sedemikian rupa, dan alat-alat untuk karawitan sudah kami persiapkan sehari sebelum hari itu. Ketika kami tampil, dan hasilnya adalah..........


Dengan komposisi panggung dan aktor yang demikian kami membawakan beberapa tembang yang sempat membuat para Guru dan siswa kepincut melihat kelihaian kami dalam mengolah musik tradisional Jawa ini. Saya sendiri yang bertugas menabuh peking (balungan) tidak nampak sama sekali dari depan karena tertutup oleh para sinden-sinden yang duduk di depan. Sinden-sinden tersebut ialah (dari kiri ke kanan) Nikma, Cica, Ditya (Mbahe), Hilda, Titin, Dewi dan Aza. Mereka tampil cukup PD dalam menyanyi meski dalam hati saya mereka kadang mengambil suara yang false. Heheheh..

Sementara itu, grup penabuh yang sangat gagah tampil sangat mengesankan dan sangat bagus. Secara keseluruhan, penampilan kami saat itu sebagai pemula adalah sempurna. Dan karena kegantengan grup penabuh dalm foto tersebut tidak terlihat, berikut adalah foto-foto kegagahan mereka


Nah, inilah para lelaki yang dengan berani menabuh gamelan demi menampilkan pertunjukkan perdana karawitan di SMP Negeri 1 Jetis. Dari sisi kanan ke kiri panggung bawah adalah Handoko, Oby, Haris (tertutup badan Oby), Dika, Devid, dan Ahmad (sayang menghadap ke timur, mungkin dia malu). Lalu yang berada di panggung atas ada Bapak pelatih kami, Condro, Mufid, dan Barep. Jika ada yang tanya, dimana Barep? Tenang, dia ada di situ, dia ada diantara kerumunan gong yang membuatnya tidak terlihat.

Begitulah cerita tentang Karawitan Perdana di SMP N 1 Jetis ini yang ditampilkan oleh para laskar 9B. Selain mereka yang nongol di atas panggung, saya juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman sekelas yang mendukung kegiatan kami ini hingga dapat berjalan dengan lancar.

thumbnail
Judul: Karawitan Perdana HUT SMP N 1 Jetis
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Cerita SMP :

2 comments:

  1. Keren! Jarang-jarang ada yg mau belajar alat musik tradisional apalagi dizaman seperti ini

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Depid oleh Depid Blog - Published by Gratis Template Blog